REFLEKSI PEMETAAN TUJUH KELOMPOK ASET SUMBER DAYA DI SEKOLAH SEBAGAI KEKUATAN PEMBELAJARAN MERDEKA

By | 05/06/2022

Oleh: NURUL QOMARIYAH,S.Pd.I, M.Pd.

Pemetaan Aset SMP Negeri 11 Malang

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak terlepas dari kekuatan aset yang dimiliki. Tujuh modal aset sumber daya di sekolah dapat dipetakan sehingga menjadi kekuatan sekolah dalam memajukan lembaga pendidikan dengan kualitas pembelajaran yang bermutu. Dengan fokus pada pembelajaran yang berpihak kepada murid, kelompok aset ini mulai dari aset modal manusia, sosial, fisik, lingkungan/ alam, finansial, politik, modal agama dan budaya dapat dimanfaatkan dan terus dikembangkan sehingga mendukung keberhasilan lembaga pendidikan.

Dengan memiliki kekuatan 7 (tujuh) kelompok aset utama komunitas, Kami mampu memberi layanan pembelajaran yang baik kepada murid. Guru dan tenaga pendidik di sekolah kami lulusan sarjana dan magister menguasai IPTEK sehingga mampu melaksanakan pembelajaran secara daring maupun luring, dengan fasilitas modal fisik seluruh murid dapat mengikuti pembelajaran secara nyaman di 25 ruang kelas, disamping itu siswa dapat belajar di luar kelas, seperti teras, gazebo, lapangan basket, taman terbuka hijau, di masjid lantai 1 dan 2 serta murid dapat memanfaatkan fasilitas laboratorium Biologi, laboratorium Fisika dan ruang laboratorium komputer.

Lembaga SMP Negeri 11 Malang sangat layak dibanggakan karena didirikan sejak tahun 80an, saat ini tetap meraih akreditasi A, sekolah ramah anak, sekolah Adiyata, sekolah yang memiliki segudang prestasi dari murid maupun guru, sekolah yang mampu meningkatkan kemampuan religius siswa dengan berbagai kegiatan keagamaan yang mendukung.

Murid SMP Negeri 11 Malang sangat kami banggakan, karena murid-murid yang berkarakter, kreatif dan inovatif serta memiliki segudang prestasi. Murid kami tampil sebagai juara/finalis dalam perlombaan seperti MTQ (Musabaqah Tilawatil Qurán), Pramuka, Futsal, Bola Volly, lari estafet, cipta baca puisi, menyanyi solo, menulis artikel dan sebagainya.

Keunikan yang kami miliki adalah produk pupuk organik hasil pengolahan pokja kompos, produk sirup Telang hasil pengolahan dari bunga Telang, produk pot bunga hasil daur ulang pempers, karya batik siswa, Pramuka aktif di dalam dan luar kota Malang, Hubungan sosial kemasyarakatan yang baik dengan warga sekitar dan tingkat toleransi beragama yang tinggi.   

Kekuatan yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas sekitar adalah sekolah kami mampu bekerja sama dengan lembaga lain seperti kampus UM, kampus UIN kampus UMM, kampus UB dan kampus Budi Utomo, lahan sekolah yang cukup luas dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk pemilu, kegiatan vaksin untuk masyarakat umum dan parkir kendaraan saat masyarakat ada moment pernikahan, masjid SMP Negeri 11 Malang juga luas dari lantai 1 hingga lantai 2 mampu menampung warga sekolah dan masyarakat sekitar untuk menunaikan sholat Jumat, sholat Idul Fitri/ Idul Adha.

SMP Negeri 11 Malang, memiliki modal sumber daya manusia yang berkualitas dari sarjana dan magister, sebagian besar guru yang telah sertifikasi dan memiliki kemampuan menulis buku, menulis jurnal, menyusun penelitian, guru berprestasi tingkat kota Malang, guru yang kreatif dan inovatif yang mampu menyusun media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan agar pembelajaran berpihak kepada murid.

Dengan Asset based Thinking/Pendekatan berbasis Aset, modal aset lembaga ini dapat dipetakan, selain itu kita dapat menginventaris pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki dalam komunitas sekolah, mengidentifikasi kekuatan dan potensi untuk dimanfaatkan dan dikembangkan agar mutu pendidikan di sekolah dapat terus ditingkatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.