2015, Pelajar Kota Malang Nikmati Bus Sekolah

By | 26/08/2014

2208-halte-bus-kotaMALANG- Fasilitas tranportasi bagi pelajar di Kota Malang tampaknya belum dapat dinikmati tahun ini. Selain pengadaannya baru dilakukan di akhir tahun 2014 oleh Pemkot Malang, Dinas Pendidikan belum memiliki anggaran untuk pemenuhan operasional. Seperti merekrut sopir bus dan bahan bakar serta biaya perawatan.
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM. Menurutnya, bus sekolah baru bisa dioperasikan tahun 2015.
“Meskipun pengadaannya tahun ini, tidak dapat langsung dipakai. Anggaran operasionalnya belum dialokasikan,” katanya.
Dia menuturkan, kebutuhan anggaran operasional juga tidaklah kecil. Oleh karenanya, untuk kebutuhan pengadaan dan gaji sopir, membeli bahan bakar, biaya perawatan bus baru akan diajukan Dindik pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2015.
Kendati demikian, Ida sapaan akrabnya belum merinci dan memaparkan secara jelas besaran dana yang dibutuhkan dalam pengoperasian bus gratis tersebut. “Kebutuhannya baru bisa terlihat saat bus sekolah dibeli Pemkot Malang,” terangnya kepada Malang Post.
Selain itu, Dinas Pendidikan sudah mempersiapkan ancang-ancang supaya bus itu dapat beroperasi dan digunakan para siswa mulai tahun ajaran baru 2015.
Dijelaskannya, pengadaan bus sekolah ini untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan meringankan biaya anak-anak sekolah. Khususnya bagi siswa yang jarak antara rumah dengan sekolah lumayan cukup jauh.
”Kami optimis tahun 2015 dapat dioperasikan, saat ini masih melakukan penggodokan konsep operasional bus ini,”jelasnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Malang menyediakan anggaran sekitar Rp 4,5 miliar dalam pengadaan lima unit bus sekolah. Bus sekolah tersebut akan digunakan untuk transportasi gratis bagi siswa di setiap kecamatan. Ukurannya pun tidak terlalu besar atau kapasitasnya terbatas.
Bersamaan dengan itu pula, Pemkot juga akan membangun halte khusus di beberapa titik sebagai tempat siswa menanti bus sekolah. Akan tetapi, pembangunan tersebut menunggu pengadaan bus tiba di Malang. (mik/oci)

http://www.malang-post.com/pendidikan/90940-2015-pelajar-kota-malang-nikmati-bus-sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published.